Akibat Tidak Menggunakan APD Sangat Fatal Bagi Tenaga Kesehatan

Alat pelindung diri merupakan perangkat yang sangat diperlukan dalam menangani virus corona. Alat untuk melindungi diri ini ada berbagai macam standarnya sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi.

Pada permasalahan penyebaran virus corona yang sampai ke Indonesia hingga menyebabkan ribuan orang terinfeksi sertasudah menelan korban jiwa yang tidak sedikit. Masalah ini harus ditangani dengan serius dan para petugas di dunia medis harus menggunakan alat perlindungan untuk dirinya sesuai standar yang ada.


Bagaimana Jika Petugas Medis Tidak Memakai APD? 
Para petugas medis yang menangani masalah virus corona ini harus memberikan proteksi kepada dirinya sendiri dengan sesuai standar. Di Indonesia sendiri pada awal ada kasus virus corona ada ditemukan petugas kesehatan yang tidak mengunakan alat pelindung diri sesuai standar untuk covid19.

Hal ini menjadikan tenaga kesehatan yang sedang berupaya untuk menangani kasus covid19 rentan terkena virusnya. Berdasarkan data yang ada telah ada, tenaga kesehatan yang pada akhirnya terkena virus corona dan meninggal saat ini telah mencapai belasan orang.

Kondisi tersebut menunjukkan bahwa dalam menangani virus corona perlengkapan yang sesuai dengan standar harus digunakan. Pada awal penyebaran virus corona ini, Indonesia memang tidka memiliki jumlah alat pelindung untuk tenaga kesehatan sesuai dengan standar dengan jumlah yang cukup.

Hal ini tentunya menjadikan potensi tertularnya tenaga kesehatan terhadap virus corona menjadi lebih tinggi. Tenaga kesehatan yang sedang berjuang dalam menangani masalah virus corona ini harus diperhatikan dengan baik keamanannya.

Tenaga kesehatan sebagai orang terdepan dalam menghadapi virus corona ini harus memiliki perlindungan yang sesuai dengan standar. Pada saat ini pemerintah telah mengupayakan untuk mengadakan berbagai alat untuk perlengkapan kesehatan guna menghentikan penyebaran virus corona ini. Berbagai alat kesehatan tersebut diantaranya juga berupa alat perlindungan untuk para tenaga medis.

Perlindungan untuk Masyarakat Berupa Topi Anti Corona
Penyebaran virus corona sendiri sangatlah mudah, karena perantaranya bisa melalui udara. Masyarakat dalam mencegah penyebaran virus ini harus mematuhi perintah dari pemerintah. Pada saat ini pemerintah telah menghimbau banyak hal kepada masyarakat agar bisa memutus penyebaran virus corona ini.

Pemerintah memberikan anjuran untuk tetap berada di dalam rumah tidak keluar kecuali keadaannya sangat penting. Pada saat terpaksa harus keluar rumah pun mereka sebaiknya menggunakan masker agar tidak terkena virus corona. Penyebaran virus yang melalui udara ini menjadikan masyarakat harus juga untuk selalu menjaga jarak saat bertemu dengan orang lain. Ada himbauan untuk tidak berada di kerumunan, dan tidak membuat acara yang memicu kerumuanan orang.

Pada saat berada di luar rumah karena terpaksa, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memakai masker. Pada saat ini ada pula penjual-penjual di toko online yang menyediakan topi anti corona.

Masyarakat yang terpaksa harus keluar rumah harus berhati-hati, usahakan pada saat sebelum rumah untuk selalu mencuci tangan dan kaki dengan menggunakan sabun. Penggunaan hand sanitizer hanya pada saat darurat saja, karena sebaiknya menggunakan sabun untuk mencuci tangan dan lain sebagai.

Pada saat setelah mencuci tangan dan kaki maka bisa dilanjutkan dengan masuk rumah dengan langsung mandi. Pakaian yang tadi digunakan untuk bepergian segera dicuci untuk menghindari penyebaran virus. Pemerintah pun telah meliburkan para pelajar untuk menghindari bertemunya orang banyak.

Pencegahan virus corona ini juga dilakukan dengan pemerintah membuat masyarakat bisa bekerja dari rumah sebisa mungkin. Berbagai pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah menggunakan jalur online maka jangan sampai pergi kantor. Pada saat ini jika terpaksa keluar rumah maka usahakan untuk selalu pakai masker serta bisa juga ditambah dengan menggunakan topi anti corona.

Share this

Related Posts

First