Cepat dan Mudah, Berikut Cara Mengisi SPT Tahunan Badan dan Pribadi Secara Online

Cara mengisi SPT Tahunan kini sudah mengalami beberapa perubahan. Jika dahulu hanya bisa dilakukan secara manual, namun sekarang pengisian bisa dilakukan secara online melalui web maupun aplikasi. 

Demi mempermudah layanan, pihak DJP telah menghadirkan layanan berupa Efiling dan eSPT. Layanan ini diperuntukan untuk semua wajib pajak, baik perorangan maupun badan.

Syarat Cara Mengisi SPT Tahunan Online

Sebelum mengisi SPT Tahunan secara online, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen pendukung, seperti bukti potong yang sesuai dengan keperluan. Selain itu, siapkan juga daftar harta dan hutang, serta daftar penghasilan dan tanggungan keluarga. 

Untuk SPT Perorangan, silahkan dokumen tambahan seperti rekapitulasi bulanan bruto dan biaya, serta penghasilan lain yang berbeda. Sedangkan untuk badan, siapkan SPT Tahunan PPh dan SPT masa PPN, bukti pembayaran PPh dan STP, serta laporan keuangan.

Cara mengisi SPT Tahunan Pribadi 1770

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki akun, Anda bisa langsung mengakses laman web DJP Online. Berikut cara mengisi SPT Tahunan pribadi online.

1. Kunjungi web DJP Online
Kunjungi website DJP Online dengan klik https://djponline.pajak.go.id, klik nomor NPWP, password dan kode chapta.

2. Pilih Jenis Layanan
Setelah itu, silahkan pilih jenis layanan antara Efiling dan eform, setelah itu mulailah buat SPT dengan klik “Buat SPT”.

3. Jawab Pertanyaan
Jawab pertanyaan yang tersedia di formulir sesuai dengan data yang valid.

4. Pilih Jenis Formulir SPT
Selanjutnya, silahkan pilih jenis formulir sesuai dengan penghasilan yang diperoleh. Setelah memilih, formulir akan muncul, isilah formulir tersebut.

5. Isi Lampiran II dan I
Lampiran II berisi tentang daftar potongan, sedangkan lampiran I berisi tentang daftar pendapatan.

6. Masuk Kolom Induk
Berikut, lanjutkan pengisian status perkawinan, lalu klik “Lanjut Ke A”. usahakan untuk mengisi setiap kolom dengan jujur. Jika pengisian telah berjalan dengan benar, maka SPT Anda akan nihil

7. Pengiriman Token Kode Verifikasi
Pada proses ini, Anda akan mendapat kode verifikasi melalui email dari DJP. Masukan kode tersebut ke kolom yang tersedia, lalu kirim dengan klik “Kirim SPT” dan “Selesai”.

Cara Mengisi SPT Tahunan Badan 1771

Berbeda dengan SPT Tahunan perorangan, cara mengisi SPT Tahunan Badan memiliki proses yang agak rumit. Namun kini proses tersebut sudah lebih mudah dengan adanya cara mengisi SPT Tahunan online 2021. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Isi Profil Wajib Pajak
Silahkan buka aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan lalu buka database wajib pajak. Jika masih tergolong baru, Anda akan diminta untuk mengisi nomor NPWP. Kemudian akan muncul lampiran menu “Profil Wajib Pajak”, lengkapi seluruh profil tersebut dan klik “Simpan” saat selesai pengisian.

2. Buat SPT
Selanjutnya buat SPT dengan mencantumkan username dan password pada dialog box untuk login ke eSPT Tahunan. Kemudian buat SPT dengan klik “Program” dan buat “SPT Baru”, lalu pilih tahun pajak dan status. Pilih jenis status normal, lalu klik “buat”. SPT pun sudah jadi dan bisa diakses. Untuk masuk, klik “Program”, pilih “Buka SPT yang Ada”, dan pilih tahun pajak. 

3. Isi Laporan Keuangan dan Neraca
Proses selanjutnya yang perlu dijalani adalah mengisi informasi tentang keuangan dan neraca. Pertama, silahkn isi semua laporan keuangan, lalu kemudian klik “SPT PPh” lalu pilih “Transkrip Kutipan Elemen Laporan Keuangan”. Jika sudah, silahkan klik “Neraca-Aktiva” dan “Neraca-Kewajiban”. Silahkan isi pilihan akun yang sesuai.

4. Lengkapi Lampiran V dan VI
Pertama isi data pemegang saham, setelah itu barulah pengurus, sesuai akte perusahaan terbaru, klik “Simpan”.

5. Isi Lampiran Khusus dan SSP
Pada bagian ini, silahkan isi induk SPT dan ikuti prosedurnya hingga akhir. Pada akhir prosedur ini, Anda perlu mencetak SSP dan CSV.

6. Buat File CSV
Dan yang terakhir, silahkan buat file CSV pada folder yang diinginkan.

Kelebihan cara mengisi SPT Tahunan Online
Sistem aplikasi menawarkan kenyamanan bagi semua pengguna, seperti proses yang lebih cepat dan mudah dibanding cara manual. Selain itu, Anda pun tidak perlu mengerluarkan dana yang banyak untuk cetak berkas, karena cara online ini tidak membutuhkan kertas. 

Dan yang berikut adalah Anda tidak perlu menginstal aplikasi apapun dan data Anda dapat diawasi dan dicek dengan mudah. Layanan ini membantu para wajib pajak untuk menghindari kesalahan permanen saat pengisian data dan fiturnya sangat optimal. Dilengkapi dengan tutorial membuat para pengguna mudah mengerti.

Cara mengisi SPT Tahunan kini tidak perlu dilakukan dengan proses yang rumit dan dana yang cukup banyak. Anda hanya perlu menyiapkan media berupa laptop, serta koneksi internet yang memadai. Isi taguhan pajak dengan mudah, aman dan cepat dengan fitur online dari DJP.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »