Berikut bahasa daerah yang masih terjaga dan sering digunakan, simak!

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali ragam suku didalamnya, dari banyaknya suku tersebut maka lahirlah keindahan. Tentunya banyak sekali perbedaan seperti bahasa, pakaian adat, makanan khas, dan bahkan rumah adat di Indonesia. Namun fous kami kali ini adalah membahas tentang bahasa daerah yang semakin pudar dimakan oleh pengaruh budaya luar. Sudah sepatutnya kita tetap menjaga bahasa daerah kita agar tidak punah. Nah kali ini kami akan memberikan informasi seputar beberapa bahasa daerah yang masih terjaga dan sering digunakan. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Bahasa Jawa
Si posisi pertama sebagai bahasa daerah yang masih sering digunakan adalah bahasa Jawa, dimana sebagian besar masyarakat Jawa masih peduli dengan bahasanya terkhusus Jawa Tengah dan Jawa Timur. Yang lebi menariknya adalah ketika di luar negeri juga banyak penutur-penutur Bahasa Jawa seperti Suriname, Kaledonia Baru, Malaysia, dan Singapura. Hal itu menandakan betapa besarnya pengaruh suku Jawa baik di Indonesia mau pun diluar negeri. Peril diketahui bahwa ada tingkatan dalam bahasa Jawa yakni, Ngoko, Madya, dan Krama. Ada beberapa dialek seperti Banten, Banyumas, Blora, Brebes, Bumiayu, Cirebon, Kedu, Madiun, Malang, Pantura Timur, Pantura Jawa Timur, Pekalongan, Semarang, Serang, Surabaya, Surakarta, Suriname, dan Tegal.

2.Bahasa Sunda
Di posisi berikutnya masih datang dari daerah Jawa, khususnya Jawa Barat yaitu Suku Sunda yangmasih menjaga bahasa daerahnya dengan baik. bahkan orang-orang Sunda yang bermigrasi ke tempat lain mereka masih bangga menggunakan bahasa daerahnya, hal inilah yang patut kita contoh. Seperti halnya Bahasa Jawa, Bahasa Sunda juga memiliki beberapa dialek yakni dialek barat, dialek utara, dialek selatan/dialek Priangan, dialek tengah timur, dialek timur laut, dan dialek tenggara. Hinga saat ini bahasa Sunda masih telestarikan dengan baik oleh masyarakatnya.

3. Bahasa Madura
Tentu saja ada Madura yang masuk ke dalam list yang akan kami bahas berikutnya sebagai suku yang masih menjaga bahasa derahnya. Hingga saat ini bahasa Madura masih digunakan di pulau Madura dan kawasan pantai utara Jawa Timur. Namun umumnya bahasa Madura sering digunakan di Surabaya dan sekitarnya, Malang, kepulauan Masalembo, dan Kalimantan bahkan. Fakta yang lebih menarik yaitu bahasa Madura adalah salahs atu bahasa yang banyak terpengaruh oleh bahasa Jawa, Melayu, Bugis, dan Tionghoa. Namun yang lebih mendominasi adalah bahasa Jawa sebab mereka sangat berdampingan oleh masyarakat Jawa, hanya saja mereka memiliki logat yang khas dan tak dimiliki oleh suku manapun.

3. Bahasa Minangkabau
Ketika kamu memtuskan untuk berkunjung ke Minangkabau, jangan kaget jika masyarakat Minangkabauk masih menggunakan bahasa daerahnya sebab mereka sangat menjaga baik bahasa daerahnya. bahasa khas Minangkabau masih digunakan oleh masyarakat Provinsi Sumatera Barat, bagian barat Riau, dan Negari Sembilan. Yang lebih menariknya orang-prang Minangkabau yang merantau keluar daerah pun masih sering menggunakan bahasa Minangkabau.

5. Bahasa Musi
Mungkin kamu sudah sering mendengar nama Musi, tetapi apakah kamu tahu bahasa Musi? Ya, Bahasa Musi merupakan bahasa yang digunakan oleh Masyarakat di sepanjang hulu dan hilir sunga Musi yang letaknya berada di Provinsi Sumatera Selatan. Biasanya bahasa tersebut lebih dikenal dengan bajasa Sekayu dan bahas Palembang.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa bahasa daerah yang masih digunakan sampai saat ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »